Total Tayangan Halaman

Kamis, 26 Maret 2020

3. Input Mouse dan Keyboard | Pemrograman Permainan dengan UNITY


Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut.Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player, silahkan perhatikan contoh program.

Input Mouse
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat project baru di Unity atau cukup Scene baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian beri nama InputMouse (nama boleh beda disesuaikan keinginan anda). Tutorial cara membuat project dan scipt C# telah dijelaskan pada materi sebelumnya. Kemudian masukkan kode di bawah ke dalam script InputMouse


Drag and drop script InputMouse ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy. Jalankan game, dan lihat apa yang terjadi, jika mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse digerakkan akan tampil jumlah scroll.



Input Keyboard
Buatlah file script C# dan beri nama InputKeyboard. Lalu masukkan kode berikut:


Drag and drop script InputKeyboard ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy. Pastikan script InputMouse di bagian inspector dari Main Camera tidak terceklis dan InputKeyboard terceklis. Jalankan game, dan lihat apa yang terjadi, jika ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.



Input Manajer
Keempat fungsi deteksi keyboard yang sudah dibahas di atas seharusnya tidak sulit untuk dipahami karena bentuknya sudah sangat jelas. Pertanyaan mungkin baru muncul pada Parameter “Fire1”. “Kenapa efeknya bisa muncul pada saat menekan klik kiri mouse atau tombol kiri Ctrl? padahal kita tidak pernah mendefinisikan itu sebelumnya?”. Hal ini disebabkan Unity memiliki beberapa parameter standar yang bisa digunakan untuk membantu proses deteksi input.
Parameter standar Unity yang berhubungan dengan input dengan cara klik menu Edit -> Project Settings -> Input.
Pada panel Input Manager inilah bisa didapatkan informasi tentang berbagai input standar yang telah dikenali oleh Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita sendiri bila diperlukan.



Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.
Mampir juga ke web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id
Universitas Terbaik di Jakarta ðŸ˜„