Pada umumnya di
dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse
maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan
tombol tersebut.Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh
player, silahkan perhatikan contoh program.
Input Mouse
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat project baru di Unity atau cukup Scene
baru (jika masih ingin menggunakan project sebelumnya). Buat script C# kemudian
beri nama InputMouse (nama boleh beda disesuaikan keinginan
anda). Tutorial cara membuat project dan scipt C# telah dijelaskan pada materi
sebelumnya. Kemudian masukkan kode di bawah ke dalam script InputMouse
Drag and drop
script InputMouse ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Jalankan game, dan lihat apa yang terjadi, jika mouse di klik maka akan menampilkan button mana yang di klik. Selain itu
akan menampilkan posisi pointer pada layar, dan jika scroll pada mouse
digerakkan akan tampil jumlah scroll.
Input Keyboard
Buatlah file script C# dan beri nama InputKeyboard. Lalu
masukkan kode berikut:
Drag and drop
script InputKeyboard ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Pastikan script InputMouse di bagian inspector dari
Main Camera tidak terceklis dan InputKeyboard terceklis.
Jalankan game, dan lihat apa yang terjadi, jika ditekan tombol A, tombol B dan pilihan user, maka akan muncul hasilnya di
panel Game. Pilihan User bisa diganti saat game sudah dijalankan.
Input Manajer
Keempat fungsi
deteksi keyboard yang sudah dibahas di atas seharusnya tidak sulit untuk
dipahami karena bentuknya sudah sangat jelas. Pertanyaan mungkin baru muncul
pada Parameter “Fire1”. “Kenapa efeknya bisa muncul pada saat menekan klik kiri
mouse atau tombol kiri Ctrl? padahal kita tidak pernah mendefinisikan itu
sebelumnya?”. Hal ini disebabkan Unity memiliki beberapa parameter standar yang
bisa digunakan untuk membantu proses deteksi input.
Parameter standar
Unity yang berhubungan dengan input dengan cara klik menu Edit -> Project
Settings -> Input.
Pada panel Input
Manager inilah bisa didapatkan informasi tentang berbagai input standar yang
telah dikenali oleh Unity. Bahkan kita bisa menambahkan daftar input kita
sendiri bila diperlukan.
Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.
Mampir juga ke web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id
Universitas Terbaik di Jakarta 😄