Total Tayangan Halaman

Kamis, 07 Mei 2020

8. Simple Animation | Pemrograman Permainan dengan UNITY

Materi kali ini membahas dasar membuat animasi. Animasi pada dasarnya adalah sebuah pergerakan yang terbagi menjadi dua, yaitu perpindahan posisi dan perubahan bentuk. Materi ini akan membahas proses pembuatan dua jenis animasi tersebut menggunakan tool standar Unity. Hal-hal lain yang lebih rinci mengenai animasi pada object akan dijelaskan pada materi selanjutnya.

Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject > 3D Obect > Plane.

Tambahkan sebuah Cube dangan cara klik menu GameObject > 3D Obect > Cube dan tempatkan Cube sedikit di atas Plane agar terlihat.

Selanjutnya tampilkan jendela Animation dengan cara klik menu Window -> Animation. Rencananya kita akan membuat 3 animasi yang berbeda untuk si Cube.


Untuk membuat animasi, yang pertama harus dilakukan adalah membuat sebuah file *.anim yang berisi sebuah animasi. Caranya, klik GameObject Cube pada tab Hierarchy, klik jendela Animation dan klik Create. Lalu ketikan nama animasinya, misalnya: Animasi1.anim


Pastikan tombol record (tombol merah di pojok kiri atas) telah diklik yang menandakan Unity telah siap melakukan rekaman pergerakan apapun terhadap GameObject yang aktif. Untuk Animasi1 kita akan membuat Cube berubah ukuran. Caranya klik angka pada timeline dan pindahkan sampai angka 0:30.


Setelah itu gunakan gizmo Scale dan perbesar ukuran Cube (misalnya sampai dua kali lipat besarnya). Bila merasa kesulitan bisa juga menggunakan panel Transform dan memasukkan angkanya pada parameter Scale misalnya (1.5, 1.5, 1.5)


Sampai tahap ini, jika kita klik tombol play animasi (yang berada di sebelah kanan tombol record pada jendela Animation) kita sudah dapat melihat bahwa Cube tersebut telah ‘bergerak’. Dari kecil ke besar dan begitu seterusnya. Agar animasinya lebih smooth lagi, silahkan coba copy (Ctrl+C) Keyframe di 0:00 dan paste (Ctrl+V) Keyframenya di 1:00


Sekarang buatlah 2 animasi klip lagi menggunakan cara yang sama namun dengan pergerakan yang berbeda. Untuk menambahkan klip, cukup klik pada combo utama di jendela Animation dan klik Create New Clip. Pastikan tombol record telah dimatikan.

jika pada animasi sebelumnya kita membuat perubahan ukuran, coba di animasi yang kedua ini kita berupa perubahan rotasi objek.


Berikutnya animasi ketiga buatlah perpindahan objek dari beberapa titk sekaligus. Anda cukup klik pada KeyFrame tertentu dan pindahkan Cubenya ke mana saja.


Pastikan sampai pada tahap ini tidak ada kesalahan, seharusnya kita memiliki 3 buah file animasi dan 1 buah file Animator.


Tambahkan sebuah Component Animation pada Cube dengan cara klik menu Component -> Miscellaneous -> Animation.

Pada parameter Animations, ketikan angka 3 (sejumlah animasi yang tadi dibuat) dan masukkan satu per satu animasi yang diinginkan pada kotak yang bersesuaian.


Berikutnya buatlah script C# baru dan beri nama AnimationCube.cs. Ubah menjadi seperti berikut:

Pasang script tersebut pada GameObject Cube dan jalankan Game. Klik setiap button dan perhatikan animasi yang dijalankan akan berbeda-beda. Ini adalah dasar-dasar pengaturan animasi pada Unity, khususnya animasi menggunakan Component Animation.



Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Mampir juga ke web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id

Universitas Terbaik di Jakarta 😄