Total Tayangan Halaman

Kamis, 02 April 2020

4. Interaksi Objek | Pemrograman Permainan dengan UNITY


Buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja (jika masing ingin menggunakan project dari materi sebelumnya).
Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu Create di jendela Hierarchy -> 3D Object -> Cube.
                                      


Posisikan Cube agar berada di depan kamera. Salah satu caranya:
Klik Main Camera, drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y. Sambil perhatikan Camera Preview atau Game Scene


Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik kanan Cube pada tab Hierarchy -> Rename dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas.



Duplikasi cube tersebut menjadi 4 buah dengan cara klik cube lalu tekan tombol Ctrl+D atau klik kanan -> Duplicate
Atur posisi masing-masing cube sehingga terlihat berbaris seperti gambar di bawah ini. Dengan cara drag panah warna biru untuk pergeseran posisi z, warna merah untuk posisi x, dan warna hijau untuk posisi y yang ada di dalam cube.



Tambahkan satu Tag baru dengan cara klik salah satu Cube (manapun), lalu pada tab Inspector klik Tag dan pilih Add Tag…
Klik tombol (+) dan masukkan Tag baru “Kotak1”.



Pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti Tag-nya (pada Inspector) menjadi Kotak1. Kita akan menggunakan ini pada script nanti.



Berikutnya ubah proyeksi MainCamera (pada Inspector) menjadi Orthographic dan size menjadi 2.


Perspective : ini sama seperti dalam kehidupan kita, misalnya kamera atau mata kita yang melihat alam ini, arah pandang kamera menyebar, sehingga semakin jauh benda terlihat semakin mengecil. Lihat kubus saat proyeksi kamera perspective mengecil bukan?
Orthographic : ini sama seperti gambar blueprint, sketsa gambar arsitektur (yang bukan 3D), scanner, dll. arah pandang kamera lurus dan paralel, sehingga semakin jauh benda tetap terlihat sama seperti yang dekat. Lihat kubus saat proyeksi kamera orthographic baik dekat maupun jauh ukurannya sama bukan?
Buat script C# baru dan beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikut:


  •  Pasang script tersebut pada Kubus1 dan centang pilihan Cube 1 (perhatikan Script Kubus pada Inspector). Jalankan game dan perhatikan kubus mana saja yang berputar.
  • Selanjutnya ketik “Kubus2” pada parameter Pilih Kubus dan centang Cube 2. Perhatikan kembali kubus mana saja yang berputar.
  • Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Cube 3. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.
  • Terakhir klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Cube 4. Perhatikan kembali kubus yang bergerak.


Itu saja yang dapat saya sampaikan. Silahkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.
Mampir juga ke web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id
Universitas Terbaik di Jakarta ðŸ˜„