Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Maret 2020

1. Assests, Scene, dan Script | Pemrograman Permainan menggunakan Unity

Setelah membuat project baru, kalian akan dihadapkan dengan tampilan seperti dibawah:




Interface Unity:
  • Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
  • Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
  • Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala. 
  • Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
  • Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
  • Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia akan muncul di Project Window.
  • Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.

Pengaturan Assets

Pada Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll.
Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.






Membuat folder pada Assets
Untuk membuat folder pada Assets bisa dengan cara: Klik kanan pada Assets, Create > Folder. lalu beri nama pada folder sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya buatlah folder scripts



Membuat Script
Untuk membuat file script bisa dengan cara: Klik kanan pada Assets/folder lain yang ada di script, Create > C# Script. lalu beri nama file script tersebut. Misalnya buatlah file HelloWorld.cs



Untuk menambahkan atau mengganti software editor untuk mengedit scriptnya bisa dengan cara: Edit > Preferences > External Tools > Browse…
*disini saya menggunakan Visual Studio Code



Selanjutnya edit script HelloWorld.cs tadi menjadi seperti gambar diatas.


*Untuk daftar prosedur dan fungsi lengkap yang ada pada kelas MonoBehaviour, silakan merujuk ke tautan ini:




Lalu drag and drop file script HelloWorld.cs ke Main Camera di Hierarchy Window 



Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject Main Camera dan menjadi komponen baru bagi Main Camera dengan melihat Inspector.




Klik tombol Play, maka akan muncul di jendela Console seperti di samping.
Jika diklik salah satu list yang ada di console, akan muncul info detil dari informasi nama berkas (file) script hingga baris kode tersebut.
klik tombol play kembali untuk menghentikan jalannya game 


Itu dia yang dapat saya sampaikan. Silakan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Jangan Lupa juga mampir ke Web Universitas Budi Luhur: www.budiluhur.ac.id


Tidak ada komentar: